Monday, August 15, 2011

GORAZDE: zona aman (perang bosnia timur 92-95)



ini adalah sebuah novel grafis karya joe sacco, seorang wartawan perang yang sekaligus dengan kemampuan narasi khas novel plus kemahiran berkomik, menceritakan kembali pengalamannya selama berada di bosnia pada masa perang saudara (saya tidak yakin apa bisa dikatakan perang saudara).
pertempuran yang muncul dan dituturkan di sini adalah karena adanya kekacauan otoritas kekuasaan pasca meninggalnya josip broz tito, seorang tokoh yang terkenal sebagai pemersatu negara kesatuan yugoslavia.
dengan penuturan yang hangat dan seperti umumnya novel grafis non-fiksi yang tersusun dalam narasi rapi. 'gorazde' mampu menjelaskan kepada kita bagaimana pertempuran itu berawal dari cerita masyarakat yang mengalaminya. dari ambisi para serbia untuk mendominasi dan mengontrol sepenuhnya kedaulatan seluruh bagian negara dari yugoslavia, dimulai dari perseturuan politik dan kemudian berlanjut kepada pengendalian masa sepenuhnya.
saat malam pertama tiba, mereka yang bosnian sudah merasa adanya suasana mencekam, tetangga-tetangga serbia mereka mulai berpindah dari rumah mereka ke wilayah serbia secara diam-diam, dan ada juga yang dengan terang-terangan sambil mengingatkan kerabat bosnia mereka untuk segera mengungsi. perasaan tentang adanya pembantaian etnis mulai tercium, lalu semakin nyata dan pekat saja.
bagaimana si guide dari joe sacco menceritakan cerita-cerita orang yang jadi saksi mata kejadian-kejadian pembantaian. secara sadis bisa dituturkan juga oleh sacco, meski cukup seram dengan grafisnya yang sederhana. kita tetap bisa memahami cerita mencekamnya, dari awal hingga akhir.

No comments:

Hukum Penalaran dan Ilmu Hukum

  Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut ultricies efficitur nunc id accumsan. Aliquam quis facilisis felis. Integer...