Sunday, July 31, 2011

Kejahatan Cyber dan Masyarakat [1]

Pengetahuan dalam Internet

Dalam  jaman modern ini, kita menyadari bahwa informasi adalah semacam mata uang, kita berkomunikasi dengan siapa saja dengan maksud untuk mendapatkan dan berbagi pengetahuan. Dengan cara lain dapat kita katakan bagaimana masyarakat menciptakan pengetahuan dan memurnikan bangunan pengetahuan yang telah mereka bentuk.


pada gambar di atas menggambarkan bagaimana pengetahuan diciptakan dan secara berkelanjutan senantiasa dimurnikan dalam internet. Onno W. Purbo, menggambarkan prosesnya seperti tergambar di atas.
Ruang global dalam internet membuat kita mungkin untuk berbagi pengetahuan secara global pula, kemudian pengetahuan akan mengambil posisinya secara publik. Hal ini bisa menjadi suatu topik diskusi, atau dalam kesempatan lain hal ini akan menjadi sebuah bahan bacaan dalam grup jejaring sosial. Kemudian melalui ruang-ruang tersebut, pengetahuan berkali-kali diterapkan oleh berbagai pihak atau pun individu-individu yang terhubung dengan konten tersebut. Beberapa mengkritisi dan beberapa hanya menerapkannya, atau beberapa yang lain hanya membacanya sebagai informasi.
Dengan cara berselancar di internet orang mendapatkan pengetahuan darinya, mereka mengumpulkan banyak keterhubungan yang saling berhubungan satu sama lain, dan mereka mengatur serta mengemas pengetahuan-pengetahuan baru, dengan kemasan baru tersebut seseorang dapat berbagi (menyebarkan) ke dalam jaringan internet, maka mereka pun menerbitkan pengetahuan. Dan secara berkelanjutan pengetahuan ini akan mendapat umpan balik sebagai revisi atau anjuran, dengan beginilah pengetahuan menemukan jalannya untuk diverifikasi. Konsep baru pada bagaimana pengetahuan diciptakan kemudian berkembang sangat cepat dengan memanfaatkan internet sebagai jalannya.
Pengetahuan (informasi, dalam istilah umum) adalah kekuatan dalam cyberspace, dengan banyak alasan, untuk menjadi 'well-informed' dalam era digital bisa menjadi salah satu alasan untuk melanggar pagar keamanan dari suatu sistem. Orang mulai mencuri informasi, politik dan kerumitannya bisa menjadi dorongan kuat bagi rakyat.
[segera kembali.... masih mengetik]

No comments:

Hukum Penalaran dan Ilmu Hukum

  Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut ultricies efficitur nunc id accumsan. Aliquam quis facilisis felis. Integer...