Tuesday, July 1, 2014

Memulai lagi mendalami kreativitas dan desain

Alhamdulillah,
Sudah satu bulan ini studio desain grafis yang baru, berjalan, semangat baru memang masih berupa benih yang sedang kami tabur. Perawatan dan pengembangan lahan yang ada di depan mata masih menjadi sebuah harapan.
Saya memahami dari pengalaman menjalani aktivitas di dunia kreatif lebih dari sepuluh tahun, bahwa kreativitas adalah tindakan. Tidak ada yang lebih orisinil dari upaya personal yang diliputi kegagalan, yap trial and error adalah bentuk dan konsep dasar orisinalitas. Dan banyak mereka yang berupaya orisinil menyadari perlunya kreativitas lebih untuk menjauhi kegagalan awal dan meminimalisirnya agar tidak terulang lagi. Dan itu adalah sisi menariknya di dunia kreatif.
Diman a.k.a Langit Sore, bertemu saya Sarung Tenun. Belakangan dia berkisah tentang biro advertisingnya yang mengalami pembenahan. He keep find it fascinating. Teman yang baik akan saling bersambut menerima cerita dan saling mendukung entah bagaimana caranya.
Kami, saya dan lima anggota klub kreatif ini memulai dengan banyak gagasan, hal esensial dari terbentuknya sebuah usaha adalah: bagaimana bertahan hidup, bagaimana mengembangkan modal, bagaimana merekrut lebih banyak lagi tenaga kreatif ke dalam industri, dan bagaimana menyisihkan hasil usaha kami untuk siapa pun yang memerlukan. Semuanya dikemas dalam konsep utuh untuk berkomunikasi dengan sesama, menyampaikan pesan baik dan bermanfaat. Dan terutama memahami bahwa bekerja adalah ibadah, dan ada banyak ibadah lain yang terikat dalam sebuah iktiar mencari rizki, terutama sederet ibadah wajib dan lalu ibadah-ibadah pelengkap yang dicontohkan Rasulullah Sas. Ya, kami sama-sama mencintai-NYA dan Beliau Salallahualaihi wa salam.
Kreatifitas ini masih
dalam pemupukan, kami bekerja sepanjang waktu. Saya juga memfokuskan pikiran dan tindakan untuk usaha besar ini, karena tujuan kami adalah "design for good" untuk semuanya. Dasar-dasar kemanusiaanlah yang mengantar kita kepada akar-akar pemahaman keilahiahan. Dan dasar-dasar kreatifitas untuk semuanyalah yang mendekatkan kami kepada Sang Maha Kreatif. Dia yang penuh pertimbangan dan tidak merugikan siapa pun, meliputi siapa pun, dan penuh manfaat tanpa terkecuali.
Saya mencintai dunia desain sejak dekade 2000-an dimulai. Dan rasanya, apa pun pekerjaan dan pembelajaran yang hadir di antaranya, saya akan terus menemukan passion di dunia desain.
Benar kata Steve Jobs yang mengutip sebuah kutipan di balik buku almanak tahun 70-an, mengajak kita untuk tidak berhenti menemukan apa yang kita cintai sebagai hal yang bisa kita kerjakan sampai mati-matian.
Dia mengucakan beberapa kali di akhir pidatonya di Stanford University, pada sebuah acara wisuda, "STAY HUNGRY STAY FOOLISH".

No comments:

Hukum Penalaran dan Ilmu Hukum

  Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut ultricies efficitur nunc id accumsan. Aliquam quis facilisis felis. Integer...