Tuesday, February 28, 2012

Kritisisme Facebook

[lebih lengkap di wikipedia]

Membahas situs jejaring sosial terbesar secara keseluruhan merupakan hal yang menarik dan bisa memunculkan pelajaran baru bagi para marketers, para pemerhati sosial, aktifis sosial cyber, aktifis informasi dan teknologi, dan hampir keseluruhan tata masyarakat yang berbasis sosial atau yang terkait erat dengan sosial dan teknologi akan terpesona dibuatnya.

Facebook telah mengalami banyak perkembangan dari sisi keamanan, privasi, pengembangan konten, perkembangan aplikasi, hiburan, interaksi, dan masih banyak lagi ukuran-ukuran teknis yang ada di berbagai teknologi web yang berkembang seiring kebutuhan para pemilik akun, setiap personal diberikan hak untuk mengatur sistem privasi dan keamanannya. Orang bisa mengoptimalkan privasi sampai tingkat paling ketat dan bisa menerapkan beberapa jalur keamanan untuk menjaga akunnya. Dari tindakan orang asing yang tidak diharapkan.

Yang menjadi pola sosial dalam facebook kemudian menjadi pola sosial yang lazim bagi keseluruhan pengguna internet. Sebagaimana Page yang dibuat pada Facebook menjadi referensi simbolis respon publik terhadap produk mereka di luar sana.


Berbagai regulasi atau aturan sosial sudah diterapkan di mana-mana dalam facebook, mulai dari tidak diijinkannya membagi link yang sudah di-blacklist hingga pemberian tag teman pada berbagai post, terkait dengan privasi dan keamanan. Sehubungan dengan itu facebook terus memelihara kenyamanan di dalam dan menutup dari ketidaknyamanan, kecuali pemilik akun teledor dan mengakibatkan keamanan dan privasinya tercederai. Bisa juga karena lemahnya pengetahuan dan kemampuannya dalam mengelola keduanya, baik privacy maupun security account.



No comments:

Hukum Penalaran dan Ilmu Hukum

  Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut ultricies efficitur nunc id accumsan. Aliquam quis facilisis felis. Integer...