Monday, March 12, 2012

GOOGLE DORKS, BEBERAPA DARI DORKS

Google memberikan service yang advance di mesin pencarinya. Dengan beberapa kode-kode query memiliki makna tertentu bagi google, hal inilah yang bisa kita manfaatkan lebih lanjut, membantu kita menemukan apa yang "benar-benar" kita cari :)

Saya rasa dorks adalah mulanya berupa beberapa modifikassi kreatif para pencari, memang kreatifitas dalam apa pun perlu kita galakkan untuk Indonesia yang lebih baik sothara-sothara...

Bagaimanapun, mereka yang menemukan caranya sendiri adalah lebih unggul dari yang sekedar mempelajari di kelas-kelas dan dari blog orang lain. Maka dari itu, mari kita cari cara untuk memberi banyak jalan kebaikan bagi yang lain

cache: 

Jika Anda menyertakan kata-kata lain dalam query [cache:   ], Google akan menandai kata-kata tersebut dalam dokumen yang ter-cache-kan. Contoh, [cache:www.google.com web] akan menunjukkan konten yang ter-cache dengan kata "web" yang tertandai.Fungsi ini juga dapat diakses dengan mengklik pada kata "cached" yang berupa link di hasil pencarian.

Query [cache: ] akan memunculkan versi dari halaman web yang didapatkan google dalam cache-nya. [cache:www.google.com] menunjukkan cache Google dari homepage Google. 

link: 
Query [link: ] akan mendaftar web yang ditemukan dengan spesifikasi yang kita buat. Misal, [link:www.google.com] mendaftar halaman web dengan link yang merujuk kepada halaman muka google. Bisa jadi tidak ada space antara 
"link:" dengan url web page-nya.

Fungsi ini juga dapat diakses dari format Advanced Search page, dengan advanced search di halaman google Search > Links
 
related: 
Query [related: ] akan mendaftar web pages yang "serupa" dengan web tertentu. Misal [related:www.google.com] akan mendaftar web yang serupa/berrelasi dengan Google homepage. bisa saja tidak terdapat space antara "related:" dengan url yang dihasilkan.

Fungsi ini juga dapat diakses dengan klik pada "Similar Pages" link pada hasil pencarian Google, dengan Advanced Search, Specific Search > Similar.
 
info:
Query [info: ] akan menunjukkan beberapa informassi yang dimiliki google tentang halaman web dimaksud. Misal, [info:www.google.com] akan memberikan informasi tentang Google homepage. Bisa jadi tidak terdapat space antara "info:" dan url web yang ditemukan.

Fungsi ini juga dapat diakses dengan mengetikkan url web yang dimaksud ke dalam kotak pencarian Google.

define: 

Query [define:] akan membantu mendefinisikan kata yang Anda masukkan setelah query tersebut, didapatkan dari berbagai sumber daring (dalam jaringan/online). Definisinya akan berupa dari hasil frasa yang dimasukkan setelahnya (akan memunculkan hasil yang persis dengan yang Anda ketikkan).
 
stocks:
Query yang diawali operator [stocks:], Google akan memberikan seluruh pernyataan dalam query sebagai simbol stock ticker, dan akan menautkannya ke sebuah halaman yang menunjuk informasi gambar yang berkaitan dengan simbol tersebut. Misal, [stocks: intc yhoo] akan menunjukkan informasi tentang Intel and Yahoo. (masukkan nama simbolnya, bukan nama perusahaan)

Fungsi ini bisa juga diakses jika Anda mengakses pencarian hanya simbol-simbol (misal [ intc yhoo ]) lalu klik link  "Show stock quotes" pada hasil pencarian.

No comments:

Hukum Penalaran dan Ilmu Hukum

  Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut ultricies efficitur nunc id accumsan. Aliquam quis facilisis felis. Integer...