Thursday, September 15, 2011

Pelaporan Cybercrime di Indonesia (yang masih minus)


  • Pernahkah Anda mengalami permasalahan di dunia cyber yang berkaitan dengan privasi Anda?
  • Seberapa besar pengaruh gangguan serta ancaman privasi tersebut terhadap kehidupan nyata Anda?
  • Bagaimana cara Anda menyelesaikan permasalahan itu?
  • Apakah Anda melaporkannya kepada polisi? lalu apakah laporan itu dilakukan secara offline ataukah online?
Mengejar idealitas pelaporan kejahatan secara online
Kepolisian negara Indonesia dalam kompetensinya sebagai penegak hukum dan pengawal tegaknya negara serta sistem hukum dan berbagai instrumen perundangan di dalamnya merupakan alat penegakan hukum dalam berbagai ruang gerak publik.
Dalam ruang-ruang yang ada di wilayah publik, berinteraksinya tiap individu, mempertukarkan berbagai kepentingan dan pencarian serta saling melengkapinya atas kebutuhan hidup. di dalamnya berkembang nilai-nilai yang disepakati bersama. Namun, dengan kian majemuknya ruang dan minimnya kemungkinan untuk berinteraksi langsung (meskipun jaringan digital menjadikan segala interaksi majemuk itu mungkin, tapi kenyataannya tidak semua orang berinteraksi dengan semua orang bersamaan. Pengenalan satu sama lain selalu dalam kapasitas yang terbatas, keintiman tertentu), hal itu menjadikan nilai selalu tergantung pada ruang-ruang.

Dalam nilai-nilai yang tumpah ruah (jika kita kumpulkan semuanya dari setiap ruang publik), terdapat kesepakatan tentang nilai-nilai hukum. Dan pokok-pokok nilai di dalam hukum adalah berlandaskan pada dinamisnya gerakan manusia dalam ruangnya yang membentuk nilai dan berkolaborasi dengan dasar-dasar moralitas. Maka jadilah hukum sebagai konsensus, yang disepakati secara terbuka maupun tersirat dalam perikehidupan.

Kepentingan Hukum, pada berbagai tindak kejahatan mayantara, adalah berusaha menyelenggarakan hukum dengan keadilan dan kemudahan di dalam meraihnya bagi siapa saja, secara merata. Itulah semestinya yang terjadi dan harus terlaksana. Dan oleh karenanya hukum melengkapi dirinya dengan berbagai perangkat, dan pihak penegak hukum sebagai perangkatnya melengkapi diri mereka dengan berbagai instrumen agar penegakan hukum bisa berlangsung dengan lancar dan efektif. Dan sistem pelaporan hukum adalah salah satu bagian terpentingnya.




[still typing... moving around look for a cup of coffee]

No comments:

Hukum Penalaran dan Ilmu Hukum

  Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut ultricies efficitur nunc id accumsan. Aliquam quis facilisis felis. Integer...